JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN - 2

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN – 2

REFLEKSI MODEL 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan Ke Depan)

 

Peristiwa

Pembelajaran pada Modul 1.2 ini diawali dengan mengajak saya melakukan throwback ke belakang ke masa dimana saya masih bersekolah. Saya diminta untuk mengingat-ingat pengalaman positif dan negatif saat masih menuntut ilmu, dan saya mengambil peristiwa positif saat saya SMA dan peristiwa negatif saat saya masih duduk di bangku SMP. Ternyata dari kedua peristiwa tersebut terdapat kesamaan, yaitu adanya pengaruh dari Guru saya baik saat masih SMP maupun saat SMA. Pengaruh tersebut bahkan sampai sedikit menentukan pilihan-pilihan hidup saya di masa berikutnya.

Di bagian berikutnya dari modul 1.2 ini saya mempelajari berbagai hal penting dan menarik yang nantinya akan menjadi bekal saya ketika menjadi Guru Penggerak. Hal yang saya pelajari di modul 1.2 ini yaitu bagaimana manusia tergerak melalui sistem kerja otak (Triune Brain, Berpikir Cepat – Lambat), kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh kembang anak, kemudian bagaimana manusia tergerak yang didasari oleh teori pilihan dan motivasi intrinsik, nilai-nilai yang dimiliki Guru Penggerak,  dan terakhir bagimana manusia dapat menggerakkan berdasarkan diagram identitas gunung es dan lingkaran pengaruh, hingga memahami peran Guru Penggerak. Materi-materi ini kemudian dipertajam lagi melalui kegiatan diskusi kelompok pada ruang kolaborasi dan melalui penguatan materi oleh isntruktur dalam kegiatan elaborasi pemahaman.

 

Perasaan

Pada pembelajaran di Modul 1.2 ini saya merasa sangat senang karena mendapatkan cara pandang yang baru tentang peran guru di sekolah. Dari diskusi kelompok dan sharing antar kelompok saya juga merasa lebih bersemangat karena mendengar cerita dan pengalaman dari rekan-rekan CGP yang lain yang juga memberikan inspirasi terhadap saya dalam menjalankan tugas sebagai guru.

 

Pembelajaran

Dari kegiatan Mulai Dari Diri dan Eksplorasi Konsep di Modul 1.2 ini saya belajar bahwa peran guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja namun juga banyak peran lain bisa dilakukan oleh guru. Dari trapesium usia saya memahami ada peran guru yang terlibat dalam kehidupan saya, yaitu ada guru yang bisa memberikan motivasi dan ada guru yang bisa memberikan inspirasi. Kedua peran ini yang masih banyak belum diketahui oleh saya dan guru-guru yang lain. Melalui pembelajaran di modul ini juga saya dapat memahami nilai-nilai yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak untuk mendukung perannya dalam mentransformasi pendidikan di lingkungan belajarnya sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan Pendidikan yaitu menuntun kodrat anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan  setinggi-tingginya, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. 

 

Penerapan Ke Depan (Rencana)

Setelah mempelajari Modul 1.2 ini ada banyak harapan atau rencana yang ingin saya lakukan di masa depan, yaitu:

  1. Terus berupaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru baik melalui diskusi dengan atasan, rekan guru ataupun melalui kegiatan pelatihan atau seminar
  2. Terus mencari ide-ide baru tentang pembelajaran yang berpihak pada murid
  3. Melakukan refleksi pembelajaran sebagai bahan evaluasi dan perbaikan proses pembelajaran
  4. Melakukan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodir keberagaman yang ada di peserta didik
  5. Memperbanyak kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

 

Posting Komentar

0 Komentar