Durasi : 4 JP (180menit)
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus :
1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa
perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video
yang ada.
3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran
dari tayangan video.
4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang
dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih
melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama
rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang
menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas
pembelajaran murid. Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP
kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA
yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.
A. Visi Sekolah pada Video
Visi sekolah
berdasarkan tayangan pada video adalah mewujudkan peserta didik yang kreatif,
inovatif, mandiri dan berpikir kritis melalui lingkungan belajar yang aman,
nyaman dan menyenangkan
B. Prakarsa
Perubahan pada Video
Prakarsa perubahan yang dilakukan guru pada video
tersebut adalah meningkatkan semangat belajar murid dengan mewujudkan ruang
belajar yang nyaman dan menyenangkan
C. Pertanyaan
Utama Guru pada Video
Pertanyaan utama yang disampaikan oleh guru pada video
tersebut adalah bagaimana cara mewujudkan ruang kelas yang nyaman dan
menyenangkan bagi murid untuk belajar?
D. Tindakan
Guru pada Video
a.
Buat Pertanyaan
Pertanyaan – pertanyaan yang disampaikan oleh Guru untuk
menggalo informasi adalah:
1) Apa
yang muncul di pikiran murid saat melihat tulisan “Penyemangat Belajar” yang
dituliskan oleh guru di papan?
b.
Ambil Pelajaran
1) Guru
menanyakan pertanyaan lanjutan, “apa yang kalian sukai dari kelas ini?”
2) Guru
memberikan memerintahkane siswa untuk melihat kelas 2 dan kelas 6 saat
istirahat sehingga dapat melihat yang disukai untuk menambah inspirasi kelas
yang membuat semangat.
3) Guru
juga meminta siswa untuk bertanya dengan siswa dari kelas 2 dan kelas 6 tentang
apa yang mereka sukai dari kelas mereka.
c.
Gali Mimpi
1) Guru
meminta siswa untuk menutup mata dan membayangkan kelas impian yang nyaman,
menyenangkan dan menjadi penyemangat dalam belajar
2) Guru
meminta siswa untuk menggambarkan kelas impian yang nyaman, menyenangkan dan
menjadi penyemangat dalam belajar
3) Guru
meminta siswa untuk mempresentasikan hasil rancangan kelas impian mereka.
d. Jabarkan
Rencana
1) Guru
membuat daftar apa saja yang dubutuhkan untuk mewujudkan ruang kelas impian
2) Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi hal-hal yang harus dilakukan untuk
mewujudkan kelas impian
e.
Atur Eksekusi
1) Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk berkontribusi menentukan peran dari
setiap kelompok dalam pengerjaan kelas impian
2) Guru
menanyakan waktu pengerjaan kelas Impian pada siswa
3) Memberikan
dukungan dan semangat kepada siswa untuk mewujudkan kelas impian
4) Guru
mendampingi siswa dalam menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
E. Peran
Pemimpin pada Video
Dalam video tersebut, guru berperan sebagai pemimin yang
memfasilitasi suatu proses untuk mencapai tujuan, perean yang dilakukan oleh
guru dalam video tersebut adalah:
a.
Sebagai fasilitator yang memandu
tahapan-tahapan sesuai dengan alur BAGJA
b.
Memfasilitasi siswa untuk mampu menggali
informasi dan menyampaikan pendapat.
c.
Mengarahkan siswa untuk berkontribusi dan
berkolaborasi aktif dalam diskusi kelompok
d. Fokus
pada proses pengembangan dan pemanfaatan kekuatan/ asset yang dimiliki
e.
Menyusun program yang dapat memaksimalkan
potensi yang dimiliki murid dan lingkungan sekolah
F.
Modal Utama
Modal utama yang dimanfaatkan oleh guru pada video
tersebut adalah:
a.
Modal Manusia
1) Murid
yang kreatif dan berpikir kritis
2) Guru
yang visioner
b.
Modal Sosial
1) Kerjasama
dengan wali murid
2) Kerjasama
dengan wali kelas 2 dan 6
c.
Modal Fisik
1) Ruang
kelas yang memadai
d. Modal
Budaya
1) Budaya
gotong royong pada murid
e.
Modal Politik
1) Dukungan
Kepala Sekolah
f.
Modal Finansial
1) Dana
BOS
2) Sumbangan
wali murid
0 Komentar