DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2


Durasi                                                : 4 JP (180menit)

Moda                                                 : Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus     :

1.   CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.

2.   CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.

3.   CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.

4.   CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

 

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.


 A. Visi Sekolah pada Video

Visi sekolah berdasarkan tayangan pada video adalah mewujudkan peserta didik yang kreatif, inovatif, mandiri dan berpikir kritis melalui lingkungan belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan

B.  Prakarsa Perubahan pada Video

Prakarsa perubahan yang dilakukan guru pada video tersebut adalah meningkatkan semangat belajar murid dengan mewujudkan ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan

C.  Pertanyaan Utama Guru pada Video

Pertanyaan utama yang disampaikan oleh guru pada video tersebut adalah bagaimana cara mewujudkan ruang kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi murid untuk belajar?

D. Tindakan Guru pada Video

a.   Buat Pertanyaan

Pertanyaan – pertanyaan yang disampaikan oleh Guru untuk menggalo informasi adalah:

1)  Apa yang muncul di pikiran murid saat melihat tulisan “Penyemangat Belajar” yang dituliskan oleh guru di papan?

b.   Ambil Pelajaran

1)  Guru menanyakan pertanyaan lanjutan, “apa yang kalian sukai dari kelas ini?”

2)  Guru memberikan memerintahkane siswa untuk melihat kelas 2 dan kelas 6 saat istirahat sehingga dapat melihat yang disukai untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat.

3)  Guru juga meminta siswa untuk bertanya dengan siswa dari kelas 2 dan kelas 6 tentang apa yang mereka sukai dari kelas mereka.

c.   Gali Mimpi

1)  Guru meminta siswa untuk menutup mata dan membayangkan kelas impian yang nyaman, menyenangkan dan menjadi penyemangat dalam belajar

2)  Guru meminta siswa untuk menggambarkan kelas impian yang nyaman, menyenangkan dan menjadi penyemangat dalam belajar

3)  Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil rancangan kelas impian mereka.

d.  Jabarkan Rencana

1)  Guru membuat daftar apa saja yang dubutuhkan untuk mewujudkan ruang kelas impian

2)  Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi hal-hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas impian

e.   Atur Eksekusi

1)  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berkontribusi menentukan peran dari setiap kelompok dalam pengerjaan kelas impian

2)  Guru menanyakan waktu pengerjaan kelas Impian pada siswa

3)  Memberikan dukungan dan semangat kepada siswa untuk mewujudkan kelas impian

4)  Guru mendampingi siswa dalam menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan.

 

E.  Peran Pemimpin pada Video

Dalam video tersebut, guru berperan sebagai pemimin yang memfasilitasi suatu proses untuk mencapai tujuan, perean yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut adalah:

a.   Sebagai fasilitator yang memandu tahapan-tahapan sesuai dengan alur BAGJA

b.   Memfasilitasi siswa untuk mampu menggali informasi dan menyampaikan pendapat.

c.   Mengarahkan siswa untuk berkontribusi dan berkolaborasi aktif dalam diskusi kelompok

d.  Fokus pada proses pengembangan dan pemanfaatan kekuatan/ asset yang dimiliki

e.   Menyusun program yang dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki murid dan lingkungan sekolah

 

F.   Modal Utama

Modal utama yang dimanfaatkan oleh guru pada video tersebut adalah:

a.   Modal Manusia

1)  Murid yang kreatif dan berpikir kritis

2)  Guru yang visioner

b.   Modal Sosial

1)  Kerjasama dengan wali murid

2)  Kerjasama dengan wali kelas 2 dan 6

c.   Modal Fisik

1)  Ruang kelas yang memadai

d.  Modal Budaya

1)  Budaya gotong royong pada murid

e.   Modal Politik

1)  Dukungan Kepala Sekolah

f.    Modal Finansial

1)  Dana BOS

2)  Sumbangan wali murid

Posting Komentar

0 Komentar